3 Tips Buka Puasa yang Sehat

Alhamdulillah ya hari ini kita sudah masuk hari pertama ramadhan, hari yang ditunggu-tunggu sudah sejak lebaran tahun lalu. Jika bulan puasa 2 tahun lalu Umi memilih lebaran tanpa mudik kemudian tahun kemarin mudik di awal dan berpuasa di rumah ortu di Tangerang, waktu itu karena Bapak akan melakukan operasi pengangkatan empedu jadi Umi memilih untuk menemani ortu di Tangerang. Tahun ini kembali normal Umi berpuasa bersama Abi di Bandung.



Umi sih sendiri sebenarnya lebih suka berpuasa di Bandung karena bisa makan sahur dan buka puasa dengan Abi di rumah. Ya walaupun Umi harus mengeluarkan energi untuk memasak, iya secara kalau di Tangerang Umi dimanja sama orang tua makan tinggal makan ajaaa. 

Buka Puasa Harus Sehat


Bulan puasa sekarang masih dalam masa pancaroba ya, jadi Umi harus bisa nih menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Caranya seperti mulai berhati-hati saat buka puasa, kenapa pas buka puasa  harus sehat bukan pas sahur? Soalnya kalau buka puasa itu godaannya besar sekali, keluar rumah akan disajikan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat untuk buka puasa. Andai Umi enggak bisa nahan diri dibeli deh ini dan itu, yang ujung-ujungnya banyak yang enggak dimakan akibat lapar mata kan jatuhnya mubazir.

Pengalaman Buka Puasa yang Tidak Sehat

Umi sendiri masih belajar menjalankan hidup sehat, masih belum sempurna karena masih suka jajan dan masakan enak hehehe, Tapi selama masih bisa diminimalisir ya sebisa munkin Umi kurangin makanan dan minuman yang tidak sehat.

Di bulan puasa ini yang masih dalam musim pancaroba, yang artinya rentan sekali penyakit masuk ke dalam tubuh karena daya tahan tubuh yang menurun. Nah apalagi saat puasa ini kalau kita enggak jaga kesehatan nanti puasa kita bisa bolong deh karena sakit, duh jangan sampe yaa hussh jauh-jauh deh penyakit.

Sewaktu hamil Kakak Bella, Umi ingin sekali bisa puasa sebulan penuh. Namun sayangnya keinginan tidak di barengi dengan makanan yang sehat, Umi lalai dalam berpuasa apalagi sering buka puasa yang tidak sehat, makannya suka-suka maksudnya enggak memenuhi gizi seimbang jadi asal kenyang aja. Alhasil, saat kontrol kandungan ditensi tekanan darah Umi rendah dan ini tentu enggak bagus untuk janin. Dan sejak itu mau hamil, menyusui ataupun tidak keduanya Umi selalu berusaha untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Tips Buka Puasa yang Sehat

Umi akui sih menjaga kesehatan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi bisa kita mulai dari hal-hal yang mudahnya saja dulu. Umi ada beberapa tips buka puasa yang sehat ala keluarga nugros, simak di bawah ya :


1. Buka puasa dengan yang manis
pic from pixabay

Saat kita mendengar kalimat "Buka puasa dengan yang manis" pasti yang terlintas adalah makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula. Tett tott salah yaaa, makanan atau minuman yang banyak mengandung gula tentu tidak bagus jika dikonsumsi terus menerus, jadi sesekali boleh lahhh. Jadi apa donk yang manis-manis? Yang pasti jawabannya bukan lihatin Umi *upsss, buka puasa dengan yang manis bisa dengan makan kurma, pisang rebus atau buah-buahan yang manis. Manfaat dari makan yang manis saat berbuka puasa adalah dapat mengembalikan energi kita yang hilang saat berpuasa.

2. Buka puasa minum air putih
pic from pixabay

Minum air putih  gelas sehari pun masih berlaku saat berpuasa, hanya saja diminum saat sahur dan buka puasa. Biasa sih Umi sahur minum air putih 3-4 gelas dan setelah buka puasa 4 gelas lebih. Air putih ini bagus sekali untuk tubuh, di konsumsi setiap hari pun tidak masalah malah badan akan semakin bugar. Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa dapat menghindari kita dari dehidrasi dan dapat juga melancarkan pencernaan.

3. Buka puasa dengan menu gizi seimbang
pic from pixabay

Menu gizi seimbang tetap masih Umi terapkan saat bulan ramadhan. Pokoknya wajib ada karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran/buah. Eh tapi kadang proteinnya sih Umi hanya salah satunya saja hehehe di maafkan lah ya kurang satu. Manfaat dari makan makanan bergizi seimbang saat buka puasa adalah bisa menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak mudah drop.


Hanya 3 itu saja itu saja sih yang paling sering Umi terapkan kalau sedang berpuasa, Umi sendiri orangnya fleksibel sih. Umi pengen hidup sehat bersama keluarga tapi bukan berarti Umi gak pernah jajan di luar atau gak pernah makan makanan yang gak sehat. Jujur YES Umi masih konsumsi itu, namun tidak setiap hari hanya sesekali saat dirasa ingin saja.

Buka puasa yang sehat ala kalian apa saja nih? Share ya di komentar :)




Keluarga Nugros

You Might Also Like

3 comments

  1. Kalo aku sih biasanya berbuka dengan kurma, hehe.

    Eh, mampir balik ya mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Aku ga terlalu suka kurma teh, haha habisnya giung gimana dong. Aku biasanya buka pake sop buah dan gorengan ((ga sehat)) wkwk. Trus biasanya lanjut makan berat nanti habis sholat magrib. Taah, habis magrib trus isya trus taraweh, habis taraweh lanjut deuiii ngemil wkwk

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka kurma tapi yang kering dan sama es buah baru deh makan berat kalo dah sholat tapi kalo uda lapar banaget makan dulu juga pernah hehe

    ReplyDelete