Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh atau Tidak sih?

9 hari sudah berpuasa di bulan ramadhan dan 9 hari sudah Umi cuap-cuap di blog, tenang masih 21 hari lagi Umi bakalan cuap-cuap d blog jadi jangan bosan ya. Kali ini Umi akan membahas "Sikat gigi saat puasa, boleh atau tidak?".



Puasa enggak sikat gigi duh rawan bau mulut donk ya, tapi kalau sikat gigi saat puasa boleh atau tidak ya? Dulu waktu masih kecil Umi masih belum mengerti benar syarat dan ketentuan puasa yang benar, jadi kalau puasa sering-sering sikat gigi biar seger terus dan gak haus hahaha. Tapi itu dulu loh yaaaa.

Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh atau Tidak?

Sikat gigi saat puasa itu boleh asalll ada asalnya nih pastikan pasta gigi dan air hanya dimulut saja tidak masuk ke dalam tenggorokan. Jika pasta gigi dan air masuk ke dalam tenggorokan maka sudah bisa dipastikan puasa Kamu akan batal, duh sayang banget kan kalau harus batal hanya karena masalah sikat gigi. Sebaiknya Kamu melakukan kegiatan sikat gigi saat waktu imsak belum tiba, jadi aman enggak akan takut batal puasa gara-gara sikat gigi dan aman juga dari serangan bau mulut saat puasa. 

Tips Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

Umi ada tips ini agar selama berpuasa kita terhindar dari bau mulut, bau mulut saat berpuasa itu memang menyiksa apalagi saat kita harus bertemu dan berinteraksi dengan orang banyak, kalau bau mulut kan jadi minder saat berbicara.

Cuss ini dia tips menghindari bau mulut saat puasa :

1. Gunakan moutwash setelah sikat gigi

pic source medicalnewstoday.com

Gunakan moutwash setelah sikat gigi ini bisa menambah kebersihan dan kesegaran mulut, namun ingat ya sebaiknya dilakukan sebelum waktu imsak untuk menghindari puasa batal. Dan pilihlah moutwash yang mengandung bahan alami dan aman.

2. Usahakan selalu makan sahur

pic source pexels

Kalau saat sahur kita enggak makan apa-apa ini juga bisa menyebabkan timbulnya bau mulut karena produksi air liur akan menurun. Air liur ini berfungsi untuk membilas kuman penyebab plak dan bau mulut, jika produksi air liur berkurang maka bakteri dapat berkembang biak dan mengeluarkan gas berbau tidak sedap di mulut. Namun untuk makan sahur ini sebaiknya hindari makanan yang berlemak, terlalu manis dan asin, berbau menyengat seperti bawang, ini juga bisa mengakibatkan bau mulut saat puasa.

3. Minum air putih

pic source pexels

Saat sahur usahakan Moms minum air putih yang cukup, air ini bagus untuk menghindari dehidrasi. Selain itu air putih akan menjaga produksi air liur sehingga kita bisa terhindar dari bau mulut.

4. Menyikat lidah
Ini biasa jarang sekali Umi lakukan ternyata kesalahan besar Umi melewatkan kegiatan menyikat lidah. Ternyata lidah itu salah satu tempat bersarangnya bakteri, jadi saat Moms sikat gigi sikat juga bagian lidah agar terhindar dari bau mulut.

5. Makan sayur dan buah

pic source pexels

Semua pasti sudah tau ya banyak sekali manfaat dari sayur dan buah, saat puasa bisa menambah energi, daya tahan tubuh dan mencegah sembelit. Selain itu sayur dan buah ini kalau dikonsumsi rutin juga bisa menjaga kita terhindar dari bau mulut.

Semoga bermanfaat ya Moms, untuk yang bingung masalah sikat gigi saat puasa boleh atau tidak? jawabannya sudah Umi tulis di atas. Umi pernah mendengar ceramah di TV Pak Ustad membahas sikat gigi saat puasa, menurut beliau sikat gigi yang dilakukan sebelum waktu zuhur maka hukumnya makruh sedangkan sikat gigi yang dilakukan setelah waktu zuhur maka hukumnya haram. Bingung sih jadinya, tapi kalau Umi tetap pada pendirian lebih baik sikat gigi sebelum waktu imsak lebih aman.

Tapi jangan sampai ya Moms kebingungan masalah sikat gigi saat puasa membuat kalian memilih untuk gak sikat sebelum waktu berbuka hehehe gawat Moms bau mulut.


Sumber : https://www.popmama.com/life/health/annas/hukum-sikat-gigi-saat-puasa


Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments