Resep Soto Ayam Santan untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Halo sudah hari keempat puasa, masih pada semangat kan puasanya. Moms, sudah mulai buntu ide masak apa belum nih? Harusnya belum lah kan baru minggu pertama puasa. Tapi kalau ada yang bingung Umi bakalan share nih resep sto ayam santan andalan Keluarg Nugros.



Bulan puasa Umi memang lebih senang masak sayuran kuah, berasa lebih segar dan buat nambah asupan cairan juga. Lagipula Adek Iyan yang susah sekali makan, jika dibikinin makanan berkuah lumayan dia mau makan. Jadi enggak bulan puasa saja Umi masak makanan yang berkuah teruatama sayuran.

Soto Ayam Santan Kesukaan Keluarga Nugros

Salah satu makanan berkuah favorit Keluarga Nugros adalah soto ayam. Jadi inget semasa kecil Umi mah gak doyan sama soto ayam, entah kenapa enggak cocok dilidah. Satu-satunya soto yang cocok di lidah Umi dulu itu soto dengan kuah santan rasanya gurih jadi Umi suka, sedangkan Mamah dulu lebih sering masak soto madura kan tanpa santan.

Sahur dan buka puasa nikmat dengan Soto Ayam Santan

Setelah menikah Umi pun mulai mencoba beberapa resep soto ayam, tidak mudah ternyata mencari resep soto ayam yang cocok di lidah Umi. Umi tak lantas putus asa mencari resep soto ayam yang enak, sampai pada akhirnya di tahun ini, iyaaa setelah 6 tahun trial error resep soto ayam akhirnya baru tahun ini Umi dapat resep yang cocok di lidah, Lalu cocok gak di lidah yang lain, Alhamdulillah Abi dan anak-anak suka banget.

Resep Soto Ayam Santan 

Resep soto ayam ini Umi dapatkan dari cookpad, dan sudah Umi modifikasi sesuai selera Umi. Sebenarnya ini soto ayam medan judulnya tapi karena banyak bahan pelengkap yang Umi skip karena tidak terlalu suka, jadi Umi ganti namanya soto ayam santan. Bahan pelengkap seperti soun, telor rebus dan perkedel Umi hapus dari resep. Sayurannya pun di resep asli menggunakan tauge, Umi ganti dengan lobak karena anak-anak gak suka tauge. Biar bisa dimakan satu rumah jadi Umi memilih untuk menggunakan sayuran lobak.


Cusss di bawah ini resep soto ayam santan ala Keluarga Nugros

Resep Soto Ayam Santan

Bahan
1 buah Lobak ukuran besar, potong dan rebus sebentar
1 lembar Daun salam, remas
3 lembar Daun jeruk, 
1 batang Sereh. geprek
1 ruas Lengkuas, geprek
Air secukupnya
Santan instan
Garam
Kaldu bubuk
Lada bubuk

Bumbu Halus
4 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
2 ruas Kunyit
1 ruas Jahe
1/2 sdt Ketumbar
3 buah Kemiri

Bahan Pelengkap
250 gr Dada ayam, goreng lalu suwir
Irisan Tomat
Bawang goreng
Irisan Daun bawang

Cara Membuat
1. Tumis bumbu halus, sereh, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum dan bumbu matang.
2. Tuang air secukupnya, setelah mendidih masukan lobak. Masak hingga lobak empuk.
3. Tuang santan instan, beri bumbu kaldu bubuk, garam dan lada bubuk. Koreksi rasa.
4. Setelah matang, sajikan selagi hangat dengan taburan ayam suwir, irisan tomat dan irisan daun bawang.

Gimana Moms mudah kan? Kalau sudah bosan dengan soto yang bening, bisa Moms coba deh resep ini. Isi sayurannya boleh diganti sesuai selera. Umi sih kalau masak memang tidak selalu harus sama persis dengan resep yang ada, namun Umi sesuaikan juga dengan bahan di rumah dan selera Umi.

Tips Memasak Lobak

pic from pixabay

Untuk lobak ini sebenarnya terinspirasi dari soto bandung yang sayurannya menggunakan lobak. Kebetulann lobak ini salah satu dari sayuran yang Adek suka, Adek Iyan itu hanya suka beberapa jenis sayur saja berbeda dengan Babang Iyas yang pemakan segalanya.Tips memasak lobak Umi  biasanya rebus terlebih dahulu karena dulu pernah waktu belum tau langsung diolah lobaknya eh ternyata mengeluarkan rasa yang aneh menurut Umi, ternyata kata mertua lobak harus direbus dulu sebentar untuk mengeluarkan si rasa aneh itu. Umi juga gak ngerti rasanya bagaimana, tapi aneh saja di lidah.

Selamat Mencoba ya Moms :)



Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments