Resep Buka Puasa SKIPPY, Jengkol Belado SKIPPY

Hari ketiga puasa dan Umi masih update, jangan bosan ya karena insyaAllah akan terus update selama 30 hari atau selama bulan ramadhan ini. Tenang saja, Umi enggak akan curhat terus koq isi postingannya, isinya Umi buat agar bermanfaat untuk Moms and Dads yang membaca.



Kali ini Umi mau menulis menu buka puasa favorit dari Abi, ini murni favorit Abi ya bukan Umi. Apa itu? JENGKOL, serius bulan puasa makan jengkol? Sebenarnya sih ini salah satu makanan yang Umi hindari saat bulan puasa, takut orang yang ngobrol sama Umi nanti pingsan kebauan. Ya tapi sebagai istri yang nurut tetap membuatkannya untuk suami tercinta, namun Umi bikinnya saat buka puasa saja jadi cukup aman lah kalau Umi ikut memakannya.

Jujur Umi sebelum menikah itu enggak pernah makan jengkol, dan baru makan jengkol ya setelah menikah. Sering masakin jengkol untuk Abi, mau gak mau kan kalau masak icipin eh ternyata enak yaaa hahaha telat sekali Umi baru tau kenikmatan jengkol. 

Challange Memasak Jengkol yang Berbeda

Saat sahur kemarin Abi minta dibekalin jengkol ke tempat kerja, kebetulan Abi kerjanya siang dan pulang larut malam jadi harus buka puasa di tempat kerja. Dan Abi bilang "Mi, jengkolnya mau dimasak yang beda donk ya kalau boleh." dan Umi jawab "Boleh donk bi" teng tonggg dalam hati Umi mikir jengkolnya mau diapain ini. Biasa Umi mah masak yang mudah aja jengkol di goreng lalu taburin garam makannya cocol sambal terasi dan bikin jengkol belado seringnya. 


Pas selesai sahur Umi tengok bahan-bahan di dapur eh lihat ada selai SKIPPY yang baru dibeli beberapa hari yang lalu. Inget pernah lihat di FanPage FB SKIPPY Peanut Butter sering share masakan menggunakan SKIPPY Peanut Butter, jadi kepikiran deh mau bikin jengkol seperti biasa di belado tapi tambahin SKIPPY Peanut Butter.


Setelah ketemu ide, jam 6 pagi Umi di temenin Adek Iyan pergi ke pasar. Beli bahan untuk jengkol belado, sudah absen beberapa hari enggak ke pasar. Eh pas tadi pagi ke sana pasar sepi, bukan sepi pengunjung atau  bukan juga sepi penjual, yang sepi itu sayur mayur yang di jual. Untung masih ada yang menjual jengkol itu pun hanya sedikit, kalau kesiangan dikit pasti Umi enggak kebagian.

Sesampainya di rumah langsung Umi masak soalnya siang Abi sudah harus berangkat kerja. Umi masak tanpa dicicipin karena kan sedang puasa. Waktu berbuka puasa pun tiba, setelah shalat Umi langsung lanjut buka puasa dengan jengkol belado SKIPPY. Ternyata rasanya enakkk banget, sensansi rasa kacang dari SKIPPY terasa sekali dan membuat jengkol belado yang biasa jadi lebih istimewa rasanya.

Pas pulang kerja Abi bertanya,

"Mi, jengkol beli dimana?"
"ihh, bikin sendiri donk"
"kok, enak sih tumben"
"...errrrrr"

KZL juga sih jadi selama ini masakan Umi gak enak donk, eh tapi seneng juga sih ini termasuk pujian hahaha.

Resep Buka Puasa Jengkol Belado SKIPPY

Moms penasaran juga seperti apa perpaduan jengkol dan SKIPPY? Umi akan share ya resepnya biar Kalian juga bisa memasaknya di rumah untuk buka puasa nanti. Umi termasuk tukang masak yang simpel, maksudnya Umi selalu menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari. 

Untuk bumbu halusnya Umi di blender bukan di uleg karena ingin praktis ajaaa, kalau Moms juga ingin di blender sebaiknya bawang, cabe merah, tomat di potong kecil-kecil lalu kasih minyak (bukan air) terus di blender deh. Dan untuk jengkolnya Umi memilih di goreng karena biar cepat empuk, tapi kalau Moms sukanya di rebus ya boleh aja. 

Langsung aja yaa ini resep buka puasa SKIPPY Jengkol Belado SKIPPY



Resep Jengkol Belado SKIPPY


Bahan
250 gr Jengkol, cuci bersih lalu potong bagi 2
1 sdm Selai SKIPPY Peanut Butter
Garam
Gula merah secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus
4 siung Bawang Merah
2 siung Bawang Putih
1 buah Tomat
2 buah Cabe Tanjung/Cabe Merah Besar

Cara Membuat
1. Goreng jenkol hingga kecoklatan atau sudah di rasa empuk. Angkat dan tiriskan.

2. Blender/Uleg bumbu halus, kemudian tumis hingga bumbu matang. Tandanya bumbu sudah matang itu bumbu berubah warna kemerahan dan asap berkurang,



3. Tuang air secukupnya, diamkan hingga mendidih dan kuah sedikit mengental.  Kemudian masukan SKIPPY Peanut Butter, aduk rata.


4. Masukan jengkol yang sudah di goreng, aduk dan beri garam, gula merah sesuai selera, koreksi rasa.

5. Masak hingga kuah mengental atau menyusut, angkat dan sajikan.



Mudah kan resepnya? Cungg siapa yang suka jengkol, cusss deh coba bikin. Kalau jengkolnya mau diganti sama yang lain juga bisa misalnya telor, ayam atau lainnya. 

Review SKIPPY Peanut Butter

Selama ini Moms pasti mengira SKIPPY Peanut Butter adalah selai kacang yang biasa dioles ke roti tawar. Yups sama, Umi pun awalnya berpikiri begitu jadi selama ini ya cuma dioles ke roti saja. Sampai pada akhirnya Umi like FanPage FB SKIPPY Peanut Butter dan jadi tau ternyata SKIPPY Peanut Butter bisa diolah menjadi tambahan masakan ataupun kue. Nah yang suka bikin kue lebaran wajib coba nih bikin kue kacang menggunakan selai kacang SKIPPY.


SKIPPY Peanut Butter bisa juga menjadi booster BB anak loh Moms karena mengandung sumber protein, jadi Moms bisa membuat cemilan dengan menggunakan selai SKIPPY ini. Selama ini sih Umi bikinin cemilan hanya roti tawar dioles selai SKIPPY tapi sekarang mau ah coba bikin cemilan lainnya menggunakan SKIPPY Peanut Butter. 

Cuss Moms beli SKIPPY Peanut Butter, bisa didapatkan di berbagai supermarket dan harganya sekitar Rp. 50rb untuk kemasan 340 gr.

SKIPPY Peanut Butter Memiliki 3 varian produk

pic from Fanpage FB SKIPPY Peanut Butter

Selai kacang SKIPPY ini memiliki banyak varian produk yang bisa Kalian nikmati, namun sepetinya di Indonesia tidak semua varian ada. Ada 3 Varian yang sering Umi temukan di Supermarket dan pernah Umi coba, yaitu :

1. SKIPPY Chunky Peanut Butter, tutup selai dan stiker kemasannya berwarna biru tua, Chunky karena didalamnya terdapat potongan-potongan kacang asli.

2. SKIPPY Creamy Peanut Butter, tutup selai dan stiker untuk varian ini biru muda. Dan ini kesukaan Umi dan Keluarga Nugros, creamy banget deh.

3. SKIPPY Chocolate Stripe Peanut Butter, tutup selainya berwarna kuning dan stikernya dominan warna coklat. Varian ini rasa coklatnya berasa sekali, dipadukan dengan roti tawar klop deh rasanya.

SKIPPY Peanut Butter Aman di konsumsi


Umi bilang SKIPPY ini aman karena Umi lihat di kemasannya terdapat logo Halal MUI dan juga terdaftar di BPOM. Kedua hal ini memang selalu menjadi wajib di periksa, sebelum Umi memutuskan membeli sesuatu.

Manfaat SKIPPY Peanut Butter

SKIPPY Peanut Butter ini mengandung kacang tanah, ya iya namanya aja peanut. Nah kacang tanah ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, cocok sekali dikonsumsi sebagai menu sahur ataupun buka puasa. Karena kacang tanah memiliki manfaat sebagai sumber energi yang tinggi, sehingga bisa membuat puasa kita lebih berenergi. Selain itu puasa kan biasanya bisa membuat gula darah dalam tubuh naik karena konsumsi makanan yang manis, kacang tanah pun bisa membantu mengurngi tingkat gula darah. Cucok kan untuk menu sahur dan buka puasa.



Umi senang sekali ada SKIPPY ini bisa membuat menu buka puasa dengan sensasi yang berbeda. Bakalan jadi andalan nih SKIPPY di rak dapur. SKIPPY Peanut Butter pun selalu menjadi favorit cemilan anak-anak, biasanya selain dioles ke roti, snack anak-anak Umi cocol ke selai kacang SKIPPY dan mereka pun suka terutam Babang Iyas.


Babang Iyas ini walau sudah 5 tahun tapi masih suka manja minta di suapin padahal hanya cemilan saja. Umi sih senang aja karena Umi jadi bisa sambil quality time bercanda sama Babang dan sesekali sambil melatih bicara dia yang masih terlambat.


Moms masak apa hari ini untuk buka puasa?




Keluarga Nugros

You Might Also Like

3 comments

  1. Unik banget, jengkol dan Skippy. Aku nggak begitu suka jengkol, tapi jadi penasaran :))

    ReplyDelete
  2. aku msh ada skippy kebetulan. tp masalahnya yg suka jengkol cuma si babysitter kalo di rumah hahahaha.. sbnrnya aku pernah coba jengkol 2x, rasanya sih enak yg aku coba kedua, mirip kentang yaaa. tapi kayaknya ith krn restorannya jago bikin masakan jengkol hahahaha...

    soalnya pas coba pertama, ga doyan bgt. bau dan ga ketelan. makanya agak ragu kalo mau bikin :D.mungkin aku ganti aja pake yg lain kali yaaa :D. tapi sbnrnya penasaran hahahah.. galau kàn.

    ReplyDelete
  3. Wah jengkoles... aku sukak banged. Bisa dicoba neh Mba. Berarti rasanya ada gurih-gurihnya ya.

    ReplyDelete