Penyebab Bau Mulut yang Harus dihindari Saat Berpuasa

Halo hari ke 10 puasa, Alhamdulillah Umi masih lancar tapi sudah kurang rajin bikin takjil jadi pas buka puasa paling hanya minum air putih, shalat langsung makan. Kurang semangat juga sih buka puasanya sering tanpa Abi di rumah. Abi kerja pulangnya malam terus, jadi gak semangat bikin takjil.



Hari ini Umi masih akan membahas si bau mulut, jika kemarin Umi sudah share tips menghilangkan bau mulut saat puasa. Nah sekarang Umi mau share beberapa penyebab bau mulut. Jika dari awal kita tahu penyebab dari bau mulut setidaknya kan kita bisa menghindarinya.

Eh iya Umi pernah juga mengalami saat berpuasa eh bau mulut, kalau tidak salah inget gara-gara Uminya gak sahur mulut jadi kering banget dan taraa akhirnya bau mulut deh. Langsung deh Umi sikat gigi dengan hati-hati takut ketelen, eh tetep saja sih soalnya karena itu mulut kering jadinya bau mulut. Penanganan ampuh pakai masker aja, bilang lagi flu aman deh bebas ngobrol dengan siapa saja. Malu? Iya lah pasti dan enggak mau lagi terulang.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Duhh enggak banget ya lagi padat aktifitas harus bau mulut saat puasa, jika Moms tiba-tiba bau mulut jangan salahkan puasanya loh Moms yang salah itu ya dari kitanya sendiri karena bau mulut bisa timbul penyebabnya ya dari kita. Yuk cek-cek apa aja penyebab bau mulutnya.

Ini dia beberapa penyebab dari bau mulut yang harus kita hindari saat bulan puasa :


1. Kondisi mulut yang tidak baik
Kondisi mulu yang tidak baik seperti sedang sariawan, gigi ada yang bolong, ada banyak plak gigi, nah ini semua bisa jadi penyebab bau mulut. Jadi ada baiknya sebleum bulan puasa kondisi mulut sudah dalam kondisi baik, kita bisa pergi ke dokter gigu gigi yang bolong bisa kita tambal atau cabut, lalu plak pada gigi dibersihkan dahulu. 

2. Tidak Sikat Gigi
Tidak sikat gigi menjadi penyebab bau mulut saat bulan puasa, bukan bulan puasa tidak sikat gigi juga bisa jadi bau mulut. Selama bulan puasa harus rajin gosok gigi ya Moms, seperti yang saya tulis sebelumnya sebaiknya sikat gigi sebelum waktu imsak, setelah berbuka puasa dan sebelum tidur, ini bagus untuk menjaga kebersihan mulut. Jangan lupa sikat lidahnya juga ya, lidah juga menjadi salah satu tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

3. Air Liur Berkurang
Air liur yang berkurang menjadi penyebab bau mulut karena dengan berkurangnya produksi air liur dapat menyebabkan bakteri dapat tumbuh di lidah dan gigi sehingga timbul bau mulut. Makanya saat bulan puasa asupan cairan harus diperhatikan ya Moms, minum jangan dikurangi porsinya minimal 8 gelas sehari. Tinggal waktunya saja diatur saat sahur dan setelah berbuka puasa. Oh iya tidak makan sahur juga bisa menurunkan produksi air liur, jadi sebaiknya tetap makan sahur ya Moms.

4. Makanan yang Berbau Menyengat
Makanan juga bisa menjadi penyebab bau mulut, seperti makanan yang memili aroma tajam. Makanan yang beraroma tajam itu seperti jengkol, petai, durian, bawang-bawangan. Kalau Umi sih makan jengkol tetap bulan puasa hehehe tapi hanya pas buka puasa saja. Umi enggak berani sahur makan jengkol.

Itulah beberapa penyebab bau mulut saat bulan puasa, sebisa mungkin dihindari ya Moms agar saat puasa nafas tetap segar dan tetap percaya diri.



Sumber ; https://health.detik.com/ulasan-khas/d-2304970/ini-sebabnya-mulut-bau-naga-saat-puasa


Keluarga Nugros

You Might Also Like

1 comments

  1. abis makan sambel korek pun mulut terasa bau banget mbak xD

    ReplyDelete