THR Enaknya dimanfaatkan Untuk Apa yaaa?

Hari ke 14 puasa Alhamdulillah sudah melewati setengah dari bulan ramadhan, dan sudah dua minggu pula blog ini aktif dengan ocehannya Umi, Di hari ke 14 ini Umi mau ngomongin tentang cis cis atau uang *ehemm sensituf ya kalau sudah mendengar uang. Tenang ini bukan pembahasan keuangan koq Umi hanya akan membahas tentang THR.



Nah sudah pada tau donk THR ini apa? Yupp Tunjangan Hari Raya, ini adalah salah satu yang dinantikan saat bulan ramadhan, biasanya akan cair saat mendekati hari raya. Untuk jumlah dari THR ini tentu berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dari kebijakan tempat kerja masing-masing. Ada yang memberi satu bulan gaji, dua bulan gaji atau lebih, bahkan ada juga yang tidak sampai satu bulan gaji. Berapa pun tetap di syukuri karena mendapat dana tambahan untuk menghadapi hari lebaran.

Umi sendiri enggak punya THR karena Umi mah cuma ibu rumah tangga yang merangkap blogger saja, Alhamdulillah kalau Abi mendapat THR dari tempat dia kerja. Uang THR Keluarga Nugros jarang dipakai untuk beli baju lebaran, biasanya Kami gunakan untuk ongkos mudik, biaya hidup selama mudik dan memberikan THR untuk  keponakan-keponakannya Umi. Loh keponakan Abi gimana? Abi mah anak semata wayang jadi enggak punya keponakan.

Seberapa besar THR untuk para keponakan Umi?

pic source pixabay

Berbeda-beda sih setiap tahunnya tergantung dari Kami lagi banyak kebutuhan atau tidak, memang tidak besar tapi cukup lah untuk mereka jajan. Alhamdulillah para keponakan sih enggak ada yang protes sama isinya malah selalu menanti setiap tahunnya. Haha Umi juga dulu gitu sewaktu kecil selalu pengen ikut Ortu kalau mengunjungi kerabat karena pulangnya bisa membawa amplop. Pokoknya lebaran mah dulu lumayan dompet Umi penuh.

Manfaatkan Uang THR

THR ini memang cukup penting untuk beberapa orang yang menerimanya, karena lebaran itu kadang membutuhkan biaya yang cukup besar. Dengan adanya THR tentu dapat membantu meringankan, setiap keluaga pun berbeda-beda dalam menggunakan uang THR.

Cusss ini dia saya akan share THR bisa dimanfaatkan untuk apa saja sih?


1. Membeli Baju Lebaran
Kebanyakan orang pasti melakukannya untuk hal nomor 1 ini. Sudah menjadi tradisi soalnya di Indonesia ini, setiap lebaran memakai baju baru. Kalau Umi sendiri jarang sih memakai THR untuk membeli baju lebaran, biasanya Umi membelikan baju anak-anak dari hasil Umi menulis saja dan gaji Abi.

2. Mudik
Ini juga pasti banyak yang memakai THR untuk keperluan mudik, setiap lebaran pasti semua orang ingin berkumpul dengan keluarga besarnya. Untuk mudik pasti membutuhkan biaya yang cukup besar, mulai dari ongkos perjalanan pulang pergi, oleh-oleh dan biaya hidup selama di kampung halaman. Dengan adanya THR tentu meringankan biaya mudik.

3. Amplop
Mendapatkan uang THR lanjut berbagi THR, ini juga sudah menjadi tradisi ya saat lebaran memberi THR untuk orang tua, anak dan keponakan. Umi juga memanfaatkan uang THR si Abi untuk membagikan THR untuk keluarga, walau tidak seberapa banyak tapi kan Umi senang bisa berbagi kebahagian dengan keluarga.

4. Tabung
Sisa uang THR masih banyak? Enaknya dihabisin lagi ya shopping eitsss NOOOO buat Umi mah lebih baik di tabung. Karena kita enggak pernah tahu setelah lebaran apakah kita akan banyak pengeluaran atau tidak. Sebaiknya sih kalau ada sisa THR lebih baik di tabung untuk  masa depan.


Itu lah beberapa hal biasanya THR akan dihabiskan. Alangkah lebih baik kita bisa bijak ya Moms dalam memakai uang THR, iya sih itu uang emang punya kita jadi bebas digunakan sesuka hati tapi ya itu jangan sampai setelah lebaran kita berhutang karena kehabisan uang.

Nah Moms biasanya uang THR dihabiskan untuk apa?




Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments