Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel dengan Bumbu Dapur

Halo sudah hari ketujuh puasa yang artinya sudah 1 minggu kita berpuasa, Alhamdulillah ya masih 3 minggu lagi menuju hari raya. Di hari ketujuh puasa ini Umi akan memberikan tips cara menghilangkan ketombe yang membandel.



Penyebab Awal Umi Berketombe

Sebagai seorang wanita walaupun berhijab bukan berarti Umi tidak memperhatikan kesehatan rambut, ya malu juga sama suami dan anak-anak lihat Umi rambutnya masa kusam dan berketombe. Umi pernah mengalami ketombe yang lumayan banyak, gara-gara ulah Umi sendiri yang sering gonta-ganti shampo pakai yang ada di warung aja, karena malas belinya hiks. Eh ternyata ada beberapa shampo yang enggak cocok sama Umi dan akhirnya bikin banyak salju ketombe di kulit kepala.

Bete banget kalau sudah berketombe, kulit kepala jadi sering gatal dan kalau lagi garuk kepala langsung deh ada salju yang turun *ihhhh*. Tentu Umi gak mau berkepanjangan bermasalah dengan ketombe ini, Umi ingin donk rambut Umi kembali sehat. Langsung deh STOP gonta-ganti shampo dan hanya memakai satu shampo yang cocok sampai sekarang. 

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Lalu Umi mulai mencari di internet cara menghilangkan ketombe yang membandel, Umi cari yang caranya alami karena kalau alami biasanya bahan-bahannya mudah dicari dan murah. Umi  memang lebih suka perawatan seperti cara menghilangkan jerawat dengan cara alami juga, hasilnya memang tidak instan tapi cukup maksimal koq. 

Nah untuk kali ini, Umi akan memberikan tips cara menghilangkam ketombe yang membandel dengan bumbu dapur. Bumbu dapur serius? Iya serius, ini dia tipsnya di bawah :

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selalu ada di rumah selain untuk keperluan masak, sama Umi dipakai buat masker wajah juga. Dan ternyata jeruk nipis pun bisa untuk menghilangkan ketomber loh Mom. Jeruk nipis ini kaya akan Vitamin C, Vitamin C ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga selain untuk membasmi ketombe juga dapat menebalkan rambut yang rontok.

Cara pakainya mudah sekali, Kamu cukup peras jeruk nipis kemudian beri air secukupnya. Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih.

2. Garam

Nah ini bumbu dapur yang wajib selalu ada karena hidup akan terasa tawar tanpa garam. Garam selain untuk membuat makanan menjadi lezat, bisa juga dijadikan untuk membasmi ketombe di kulit kepala. Garam ini kan bertekstur jadi kalau dioleskan ke kulit kepala dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara pakainya Kamu ambil garam secukupnya, kemudian gosokkan ke kulit kepala secara perlahan dan merata. Setelah itu diamkan beberapa saat, bilas kepala dengan air bersih.

3. Bawang Merah

Bawang merah ini juga termasuk bumbu dapur wajib ada ya, eh buat Umi sih enggak terlalu wajib sih kan fungsinya bisa diganti dengan bahan lain atau pakai bumbu instan. Tapi tetep selalu ada di dapur si merah ini. Kalau anak-anak lagi sakit Umi suka balur punggung mereka dengan bawang merah biar hangat. Bawang memang memiliki banyak manfaat dan salah satunya bawang bisa menghilangkan ketombe.

Cara pakainya adalah kupas bawang merah sampai bersih, kemudian haluskan. Oleskan bawang merah yang sudah di haluskan ke kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih.



Gimana Moms mudah kan cara menghilangkan ketombenya? Bahan-bahannya mudah di dapat tinggal jalan di dapur sudah ada. Jika ketombe Moms sudah hilang sebaiknya selalu jaga kebersihan rambut, gunakan juga shampo yang cocok untuk kulit kepala kalian ya.

Bebas ketombe, pakai hitam siapa takut ahayyy...


Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3676991/cara-menghilangkan-ketombe-membandel-secara-alami-cepat-dan-permanen




Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments