Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Alhamdulillah sudah hari ke 15 puasa, dan Umi masih menulis dan yang membaca jangan bosan ya. Hari ini Umi akan membahas masalah bibir kering saat berpuasa. Cung, siapa yang sering mengalaminya? Umi yang termasuk bibir mudah kering saat bulan puasa. Enggak bulan puasa saja sudah sering kering, apalagi pas bulan puasa.


pic by pixabay edit by rianugros

Penyebab utama bibir kering saat puasa biasanya adalah dehidrasai. Bisa disebabkan karena kita kurang mengkonsumsi air putih. Ditambah cuaca saat bulan puasa itu panas terik sekali, membuat kita rentan dehidrasi dan menyebabkan bibir menjadi kering.

Selain karena dehidrasi, biasanya penyebab bibir kering adalah pemakaian lipstik. Namanya wanita mah kudu ya keluar rumah atau di dalam rumah bibir itu di lipstik. Namun tidak semua lipstik cocok dipakai dibibir kita apalagi saat berpuasa, pengen cantik eh malah jadi kering duh enggak enak kan ya.

Wardah Lip Cream Cocok di Bibir Kering Umi

Solusinya biar bibir tetap terlihat tidak pucat sebaiknya ganti lipstik Kamu dengan lip balm berwarna. Lip balm akan membuat bibir Kamu tetap lembab. Memang sih warna lip balm menurut Umi kurang nendang apalagi kalau pergi keluar rumah kayaknya kurang cetarrr. 

pic source from journal.sociolla

Kalau Umi sih biasanya akan memakai Wardah Lip Cream, kebetulan Wardah Lip Cream ini cocok di bibir Umi dan enggak bikin kering. Awalnya Umi ditawarin teman yang jual lip cream ini, Umi sempat ragu dan Umi bilang bibir Umi ini mudah kering kalau salah pilih lipstik. Menurut dia Wardah Lip Cream ini berbentuk cream, creamnya ringan di bibir dan lembab jadi enggak akan membuat bibir menjadi kering.

Warna-warnanya juga cantik sekali, pilihan warna yang banyak bisa Kamu pilih mana yang sesuai dengan karakter Moms. Umi sendiri warna favoritnya no. 9 dan selalu dipakai sampai habis. Masih penasaran sih ingin mencoba warna-warna barunya.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Nah setelah tau penyebab dari bibir kering saat puasa, Umi akan kasih beberapa tips nih cara mengatasi bibir kering saat puasa :


1. Minum Air Putih 
Seperti yang Umi tuliskan sebelumnya penyebab utama bibir kering saat puasa adalah karena dehidrasi, yang artinya kurang cairan. Minum ait putih yang banyak saat sahur dan buka puasa. Selain bikin bibir tidak kering, banyak minum air putih juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

2. Makan sayur dan buah
Saat sahur dan buka puasa perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, kandungan vitamin dan mineral dari sayur dan buah bagus sekali untuk tubuh dan bisa mencegah bibir kering saat puasa. Selain itu makan banyak sayur dan buah bisa menjaga daya tahan tubuh kita, sehingga tetap bugar selam puasa.

3. Hindari makanan pedas dan asin
Bulan puasa gini pasti pengennya makanan yang enak-enak biar puasanya juga semangat, apalagi pas buka puasa pengennya makanan yang pedas dan gurih. Eits hati-hati Moms makanan yang pedas dan asin ini bisa membuat mulut dan bibir kering saat puasa. Enggak mau kan?

4. Jangan menjilat bibir
Salah satu kebiasaan Umi nih kalau bibir kering suka dibasahi dengan lidah. Eh ternyata kebiasaan Umi ini salah, menjilat bibir yang kering justru akan memperburuk kondisi bibir jadi bertambah kering.

Itulah Moms beberapa tips dari Umi yang bisa Moms lakukan dalam mengatasi bibir kering. Semoga masalah bibir kering tidak menjadi kendala dalam menjalankan ibadah puasa yaa. 

Selamat berpuasa Moms :)

Source : https://www.shopback.co.id/blog/9-cara-mengatasi-bibir-kering-saat-berpuasa



Keluarga Nugros

You Might Also Like

1 comments

  1. Satu lagi nih Umi, pakai pelembap bibir. Kalo enggak pake Wardah, ada juga dari Oriflame dan Vaseline. Saya sih pakai lip balm Wardah

    ReplyDelete