Cara Membuat Cilok Anti Gagal

Yuhuuu hari kelima dan Umi masih akan menulis tentang masak-memasak, hari ini Umi akan share cara membuat cilok anti gagal dengan cara yang mudah. Anti gagal? Memangnya sering gagal? IYAAA..



Cilok alias aci dicolok jajanan khas Bandung, kenapa disebutnya dicolok karena cara makan si cilok ini biasanya dicolok pakai lidi, tapi kemarin sih dirumah Umi coloknya pakai garpu. Jajanan cilok ini dari sejak Umi tinggal di Tangerang sudah banyak yang jualanan disana, tapi katanya sih ini jajanannya orang Bandung. Bedanya dulu cilok di Tangerang itu mirip bakso teksturnya gak sekenyal cilok di Bandung, namun terakhir Umi pulang ke Tangerang di sana pun cilok sudah bertransformasi mirip sama cilok Bandung.

Tips cara membuat cilok anti gagal

Di awal tadi Umi tulis sering gagal, iya benar sekali waktu nyoba bikin cilok itu hasilnya selalu kurang memuaskan, kadang dalamnya kurang matang masih ada tepung, kadang juga hasilnya keras, kadang rasanya tawar hehehe kalau ini karena Umi lupa kasih garam.

Sampai suatu hari Umi lagi main di grup masak FB, ada yang share tentang cara membuat cilok. TS menuliskan resep secara lengkap dan memberi tahu juga kenapa sih cilok kadang dalam suka gak matang.

Untuk membuat cilok Umi memakai perbandingan 2 Aci : 1 terigu, lalu yang dilarutkan dengan air mendidih terlebih dahulu itu terigunya baru deh acinya. Terigu dahulu yang dilarutkan karena terigu yang paling lama dalam proses masak, dan bisa menyebabkan cilok keras juga jika terigunya belum matang.

Resep cilok anti gagal kuah goang

Cilok ini salah satu jajanan Bandung yang menjadi idola warga Bandung baik dewasa dan anak-anak. Apalagi saat bulan puasa gini, cilok pun laris manis, Kalau Umi sih senangnya ngemilin si bulet cilok ini setelah selesai makan makanan berat.

Langsung aja saya share cara membuat cilol anti gagalnya


Resep Cilok Kuah Goang

Bahan cilok

Bahan Cilok
250 gr Tepung Aci
125 gr Tepung terigu
Garam
Lada bubuk
Kaldu bubuk
Air mendidih/

Cara membuat cilok
1. Larutkan tepung terigu dengan air mendidih, secukupnya aja asal larut terigunya.
2. Masukan tepung aci, beri air mendidih lagi. Untuk langkah ini harus diperhatikan jangan menuang air secara langsung, sedikit-sedikit saja. Karena jika teralu banyak air maka adonan akan menjadi cair dan sulit di bentuk
Adonan yang sudah kalis

3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat, beri isian jika suka. Umi kemarin beberapa diisi sosis.
4. Didihkan air, masukan cilok ke air yang sudah mendidih.

5. Jika sudah terpung maka cilok sudah matang, dan siap di sajikan.

Bahan Kuah Goang

Bahan Kuah Goang
4 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
5 buah Cabe rawit domba
Kencur
Garam
Kaldu bubuk

Cara membuat kuah
1. Haluskan semua bahan kuah, kemudian tumis hingga matang dan harum,
2. Tuang air secukupnya, setelah air mendidih beri garam, lada bubuk, kaldu bubuk, koreksi rasa.
3. Angkat dan sajikan bersama cilok.

Tim Hore bikin cilok

Gimana mudah kan cara membuat cilok anti gagal ini?

Cilok sendiri tidak selalu harus dipadukan dengan kuah goang, bisa dengan kecap dan saos, bumbu kacang ataupun kuah kaldu seperti bakso. Sesuaikan saja dengan selera kalian. Umi malah kadang dipakein bumbu seblak, pakein cabe rawit yang banyak duh mantap deh.

Kalau Moms termasuk tim cilok pakai bumbu apa?




Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments