3 Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto yang Praktis

Halo sudah masuk hari ke 11 ya kita puasa dan 11 hari sudah Umi masih menulis di blog ini. Alhamdulillah 11 hari Umi belum batal puasanya walau harus perjuangan berat, bukan berat menahan lapar dan haus tapi perjuangan berat menahan emosi menghadapi anak-anak. Kalian tau lah anak seumuran Babang Iyas dan Adek Iyan ini sangatlah menguras emosi dan kesabaran.


Pic from Merdeka.com, edit by rianugros

Oke lupakan lah masalah menahan emosi, untung ada tugas menulis ODOP challange dari BP ini jadi Umi bisa menulis melupakan sejenak amarah. Hari ini Umi akan membahas cara memasak ketupat dengan panci presto, bisa untuk persiapan hari raya nih.

Umi dari kecil sampai sebesar setua ini suka membantu Bapak membuat ketupat, Bapak ini memang paling hebat bikin ketupat. Beliau selalu bisa membuat ketupat yang padat dan tidak mudah basi, ketupat bikinan Bapak ini bisa kuat sampai 3 hari loh. Tapi biasanya belum 3 hari juga sudah ludes, secara pasukan sudah tambah banyak, cucu Bapak sudah 6 belum lagi ditambah menantu jadi rame yang makan.

Bapak selalu memasak memakai kompor minyak, jadi enggak pernah pakai kompor gas. Jadi di rumah Tangerang itu ada 2 kompor yaitu kompor gas dan kompor minyak, kompor gas untuk sehari-hari dan kompor minyak hanya digunakan saat akan memasak ketupat. Menurut Bapak kalau pakai kompor gas rasanya akan berbeda, entahlah mungkin hanya sugesti si Bapak yang sudah terbiasa memakai kompor minyak.

Untuk membuat ketupat jika memakai panci biasa, biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Lama banget ya? Iya harus sabar menanti ketupat matamg, sambil menunggu matang harus sesekali dicek sekedar liat airnya berkurang atau enggak, kalau kurang ditambahkan. Butuh kesabaran yaa, dan Bapaknya Umi ini juara masalah sabar bikin ketupat.

Cara Memasak Ketupat Dengan Panci Presto

Eits tapi tenang saja untuk Moms yang baru belajar bikin ketupat dan enggak ingin berlama-lama seperti cara Keluarganya Umi bisa menggunakan panci presto. Teman-teman Umi banyak yang menggunakan panci presto untuk membuat ketupat, menurut mereka lebih cepat dan mudah prosesnya.


Setelah tanya-tanya dan browsing, Umi share ya cara memasak ketupat dengan panci presto yang mudah dan praktis :

1. Panci Presto Aman
Mengingat beberapa kejadian menyeramkan menggunakan panci presto, sebelum memasak sebaiknya kalian pastikan si panci dalam keadaan bagus. Seperti baut yang menempel pada panci masih kencang, karet penutup yang sudah dibersihkan dan lubang udara dalam keadaan bersih. Kalau semua sudah aman berarti siap deh dipakai panci prestonya.

2. Masak Ketupat
Setelah ketupat sudah diisi beras dan siap untuk dimasak, masukkan ketupat ke dalam panci presto kemudian beri air. Sisakan sekitar 3 jari agar kalau mendidih tidak meluap airnya. Tutup panci presto, kemudian masak dengan api besar hingga 7-10 menit atau sampai katup uap berputar dan berdesis. Kemudian kecilkan api ke normal, masak kembali selama 45-50 menit. Matikan api.

3. Hati-Hati Membuka Katup
Setelah ketupat matang STOP jangan langsung membuka panci presto karena bisa berbahaya, pernah loh ada kejadian sampai meleduk hii serem kan. Jadi tunggu sekitar 10 menit dan katup turun, baru bisa di buka. Setelah matang langsung gantungkan ketupat agar cepat kering dan awet.

Nah hanya 3 langkah itu saja memasak ketupat praktis dengan panci presto. Mudah kan Moms, selamat memasak ketupat.


Sumber : https://www.mamakukokihandal.com/detail/61/ncusd8-tips-masak-ketupat-pakai-panci-presto


Keluarga Nugros

You Might Also Like

0 comments