Kegiatan Sekolah yang Mendidik Anak Jadi Mandiri

Hello April, ups sudah pertengahan April ya dan Umi baru kembali update disini. Ternyata mengelola dua blog itu sulit ya hihihi tapi Umi akan tetap coba konsisten update cerita-cerita keluarga nugros di sini. Kali ini Umi akan bercerita kegiatan sekolah Babang Iyas yang mendidik anak jadi mandiri.



Kegiatan Sekolah Mendidik Anak Jadi Mandiri

Beberapa waktu lalu, sekolah Babang Iyas mengadakan kegiatan sekolah ya semacam field trip gitu lah. Dan Umi taunya pun mendadak sekali 3 hari sebelum acara dilaksanakan karena memang baru di umumkan Bu Guru di WAG kelas. Yang bikin tambah shock itu, untuk saat ini kegiatan sekolah tanpa orang tua. Artinya Umi di rumah, Babang jalan-jalan.

Masalah Babang Iyas Mabuk Perjalanan

Sebenarnya yang membuat Umi shock itu, "apa bisa Babang Iyas pergi tanpa Umi?". Masalahnya itu Babang Iyas mabuk perjalanan setiap naik bis, Umi takutnya itu merepotkan gurunya atau takut nanti teman sebangkunya kena jackpot dari Babang Iyas kan kasihan temannya. 

Untuk masalah mabuk perjalanan ini sampai saat ini Umi belum menemukan tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus yang benar-benar jitu, sudah banyak cara dicoba menghilangkan mabuk perjalanan mulai dari membeli obat mabuk perjalanan di apotik, makan buah pencegah mabuk perjalanan, tutup pusar pakai koin dan salompas, terus jangan minum susu dan makanan lain yang bikin eneg, tetap saja Babang Iyas selalu mengeluarkan jackpotnya.

Begitu tahu akan ada kegiatan sekolah keluar, Umi langsung tanyakan ke Babang apa dia mau ikut perjalanan ini tanpa Uminya. Umi kaget Babang menjawab dia mau, biasanya kan dia takut mendengar kata bis. Melihat Babang yang sangat antusias, ya sudah lah saya pun membuang rasa kwatir saya dan memberi izin Babang mengikuti kegiatan sekolah.


Anak TK Mengunjungi Bandara Hussein dan Museum Geologi

Babang Iyas dan teman-teman TKnya akan pergi ke Bandara Hussein dan Museum Geologi. Bis Babang Iyas baru jalan pada jam 7 pagi, saat bis jalan drama pun dimulai bukan anak-anaknya yang drama tapi malah emak-emaknya yang pada galau dan sedih. Bahkan Umi pun sampai nahan air mata pas lihat Babang Iyas jalan tanpa Umi, sampai rumah banjir air mata duh drama amat ya Umi. Padahal Babang Iyasnya mah di bis happy happy aja, begitu juga anak-anak TK yang lainnya.


Menurut Umi kegiatan sekolah yang tanpa disertai orang tua seperti ini menurut Umi bagus sekali, bermanfaat untuk anak, orang tua dan guru juga loh. Nah ini nih manfaat kegiatan sekolah tanpa orang tua :
  1. Ini bisa menjadi salah satu cara agar anak belajar mandiri.
  2. Orang tua pun bisa belajar bagaimana cara memberi kepercayaan kepada anak
  3. Guru bisa melatih SABAR, gak mudah loh mengatur anak 4-5 tahun dan gak cuma satu anak tapi banyak.
Mungkin karena ini adalah pertama kalinya melepas Babang Iyas pergi tanpa Umi, jadi memang drama sekali jadinya. Untungnya Bu Guru mengirimkan beberapa video dan foto kegiatan Babang Iyas dan teman-temannya di Bandara Hussein dan Museum Geologi. 


Melihat video dan foto yang dikirim sama Bu Guru terlihat sekali anak-anak menikmati perjalanan mereka walau tanpa orang tua. Umi merasa bangga sekali ternyata anak kecil Umi sudah menjadi anak yang mandiri, enggak terasa sih Bang kamu sudah bujang aja. 
Pas jemput Babang Iyas dan melihat Babang keluar dari Bis, bukan lagi rasa kwatir tapi sudah berubah menjadi rasa bangga. Saat di rumah juga Babang bercerita tentang keseruan dia saat jalan-jalan walau kurang jelas ceritanya karena Babang masih cadel bicaranya masih belum terlalu jelas. Lalu Babang Iyas Mabuk perjalanan? Iya donk pasti hahahaha kata Bu Gurunya hanya sekali jackpot dan itu pun pas sudah mau sampai bisnya ditempat orang tua menjemput.

Yuk Moms saatnya kita memberi kepercayaan untuk anak, agar anak bisa belajar m.andiri



Keluarga Nugros
IG : @riaanabella

You Might Also Like

1 comments

  1. Sekolah Faraz juga sering ada kunjungan gitu Mbak: ke Damkar, Polda, Bandara juga pernah (ini jaraknya lumayan lho, meski udah sering bolak balik ke bandara dia nya tapi field trip di sekolah itu baru pertama kalinya dia pergi bareng selain keluarga sendiri, naik bus pula, dia happy banget bilangnya naik bus hay Tayo, hahah) trus yg paling terbaru ke Kapal perang, pas waktu itu ada kapal perang yg sedang merapat disini. Gegara naik Hay Tayo itu, sekarang Faraz jadi mau minum obat. Kenapa? Karena waktu mau ke Kapal itu pas dia lagi batuk, saya bilangin klo gak mau minum obat gak boleh ikut lihat kapal dan naik Hay Tayo lagi. Dan ternyata dia nurut lho, Alhamdulillah sampe sekarang udah mau minum obat jadinya 😃

    Upsss, maafkan komennya kepanjangan ya Umi 😆

    ReplyDelete