Sunday, October 28, 2018

DIY Permainan Anak yang Mudah, Memberi Makan Kelinci

Haloo last oktober, kemana aja ini Umi baru posting lagi? Enggak kemana-kemana sih Umi lagi sok sibuk ajah. Sepertinya blog ini sudah berdebu sekali, padahal awal bikin blog ini semangat sekali berharap bisa mengisi cerita warna-warni keluarga kami. Apalah daya Umi juga manusia biasa yang ada rasa jenuhnya, dan sibuk di blog sebelah. Oke bertekad yaaa, bakalan aktif lagi menulis cerita keluarga nugros disini, diawali cerita-cerita lama dulu ya.

Umi lupa tepatnya kapan sepertinya bulan juli atau agustus, pernah bikinin permainan untuk anak-anak dirumah. Awalnya sih hanya keisengan Umi saja yang lagi bengong jaga warung dan anak-anak juga lagi pada lincah main, jadi semua serba dadakan dan memanfaatkan peralatan dan bahan yang ada dirumah saja. Umi bikin permaian "Memberi Makan Kelinci".


Alat dan Bahan

Kardus bekas
Crayon
Pensil
Gunting
Tali rafia
Nampan

Bahan utamanya umi memakai kardus bekas, kebetulan dirumah banyak kardus bekas dari sisa belanja warung. Cara membuatnya mudah sekali. Pertama gambar wortel dan kepala kelici diatas dus, untuk kelinci buat mulutnya sedah mangap lebar ya. Kemudian gunting sesuai gambar, warnai wortel dan kelinci dengan crayon. Buat bolongan di kuping kelinci untuk diikatkan tali rafia (kalau Umi cuma disolasi saja tali rafianya. Gantungkan deh kepala kelincinya dimana saja, kalau Umi gantungin dipintu biar anak-anak mudah menggapainya.

Menggambar wortel


Saat mewarnai wortel Umi melibatkan Babang Iyas untuk mewarnainya,Umi cukup memberi tahu warna wortel itu orens dan daunnya hijau. Ini salah satu cara Umi mengajak Babang Iyas Bermain sambil belajar. Umi selalu berusaha memberi kepercayaan kepada anak agar dapat membuat anak lebih percaya diri. Tapi untuk yang kelinci Umi sendiri yang menggambarnya, Babang nyerah enggak bisa gambar mata dan lain-lain. Adek Iyan juga ikutan mewarnai, dia sendiri sih yang meminta karena lihat Babangnya. Anak seusia Adek memang lagi senang meniru.


Untuk wortel Umi sengaja memberi angka di setiap wortel, untuk apa? Nanti akan Umi jelaskan, jadi nantinya ada dua permainan yang akan dimainkan oleh anak-anak.

Permainan satu
Untuk permainan pertama adalah bercocok tanam. Kalau yang ini Adek skip enggak ikutan karena cuma acak-acak aja hehe masih belum mengerti. Pertama Babang diminta untuk menanam wortel ditanah (kardus yang diwarnai hijau dan diberi angka) disamakan angkanya. Jadi Babang bisa sekalian belajar mengenal angka. Anak seusia Babang belum diwajibkan menghafal angka, tapi boleh diperkenalkan salah satunya ya dengan cara permainan seperti ini. Setelah ditanam, abang diminta mencabut wortel yang sudah tumbuh (ceritanya).

Permainan kedua
Di permainan kedua ini memberi makan kelinci. Nah, untuk permainan memberi makan kelinci Adek Iyan juga ikutan (adek usia 16 bulan). Mereka mengambil wortel yang sudah dikumpulkan (ceritanya abis panen wortel) lalu memberi makan kelinci. Caranya tinggal masukin saja wortelnya ke mulut kelinci.

Mohon maaf untuk foto dan video saat anak-anak bermain gak ada huhuhu sudah dicari-cari enggak ketemu, sepertinya terhapus. Mudah-mudahan enggak disangka hoax ya hehehe.


Permainan ini sederhana dan bahannya juga sederhana, tapi Umi senang bisa bikin anak-anak senang sekali memainkannya. Si Adek yang belum mengerti pun terlihat senang sekali, terlalu senang malah sampai kepala kelincinya ditarik sekuat tenaga sampai telinganya putus hihihi. Jadi dioperasi deh telingannya disambung dengan isolasi. Lumayan sih ini bertahan beberapa hari anak-anak memainkannya, selebihnya wortelnya pada hilang dimainin sama Adek jadi bubar deh. Saatnya Umi bikin permainan baru kah?




Keluarga Nugros

47 comments:

  1. Ih gemes amat mainannyaaaa... kujadi pengen bikin juga hehe. Sama nih kita suka DIY an mba. Nanti kutiru yaaa

    ReplyDelete
  2. Kreatif banget ini bikin maunan sendiri. Pasti lebih berkesan deh di hati anak anak.

    ReplyDelete
  3. wah tambah pinter nih Babang Iyas dan Adek Iyan..Uminya kreatif benerrr!!

    ReplyDelete
  4. Seru nih permainannya. Memanfaatkan kardus bekas. Kalau aku seringnya memanfaatkan majalah bekas sebagai bahan permainan untuk keponakanku.

    ReplyDelete
  5. Wah bermanfaat sekali kadang kita sebagai org tua lupa dengan cara-cara sederhana. Pengen nya mainan yg instan aja lgsg pake. Padahal DIY lebih bagus selain membuat anak lebih kreatif juga menghemat kantong, budget nya bisa buat beli lipstik bunda hehe

    ReplyDelete
  6. Pengen nyontek ah, buat main di weekend nanti.
    Sederhana tapi menarik nih, dan melibatkan semuanya :)

    ReplyDelete
  7. wah, seru nih idenya,

    bisa buat referensi mainan sama anak, thanks mba sharingnya bermanfaat banget buat aku

    ReplyDelete
  8. Umminya kreatif sekaliiiii, walau keliatan sederhana tapi kalo males tetep gk jadi ya itu mainan2 dr kardus. Ah, aku mau coba ah mengusir malas bikin mainan edukatif kayak gini

    ReplyDelete
  9. Hihihi, kreatif banget sih mbaaakk! aku sejak kapan tahun pengen bikin permainan kayak gitu pasti keteteran mulu uhuhuhu

    ReplyDelete
  10. Aku pernah buat kasih makan penguin mbak, makannya ikan :) jadi kangen bikin2 kaya gini.
    Walaupun si adik belum ngerti tapi dapet manfaatnya kok dari permainan ini.

    ReplyDelete
  11. Daku nggak bilang hoax kok mbak, hahah.. karena kan udah ada fotonya sebagai dokumentasi yang sesuai sama cerita 😁

    ReplyDelete
  12. Lucu dan seruuu! Lewat permainan ini anak juga jadi belajar tentang hewan (dalam hal ini kelinci), sayur wortel, kelinci biasanya makan apa, angka2 dsb. Kreatif nih Umi nya.

    ReplyDelete
  13. ih kretif bangettt... anakku pasti suka juga nih, cocok buat we time. coba juga akh.
    thks sharingnya mom

    ReplyDelete
  14. Kreatif nih bikin permainan sekaligus pembelajaran untuk anak-anak sesuai usianya. Seru ya kegiatannya sehari-hari

    ReplyDelete
  15. Waah umi kreatif banget sih bikin permainan seru buat babang dan adeknya, jadi pengen bikin juga, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  16. Aiiih, si Umi bisaan aja nih. Baba2 sederhana yg ada aja tapi anak2 bisa kreatif dsn semangat, ya. Uminya telaten juga nih

    ReplyDelete
  17. Wah umi keren!
    Permainan seperti ini seperti investasi.
    Kelak akan terukir di sanubari buah hati.

    ReplyDelete
  18. Seru, ya. Dari mulai proses membuat permainannya, anak dilibatkan

    ReplyDelete
  19. Permainan sederhana tapi anak anteng, sekaligus belajar juga. Kreatif sekali mbak, bisa ditiru nih idenya.

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat kadang ke tempat wisata juga ada kasih makan kelinci. Skarang bisa juga ya dikreasikan DIY di rumah. Anak juga pasti senang sekali dengan kreatifitas ini

    ReplyDelete
  21. kreatif banget mom, bisa bonding lagi dengan anak. salut dan aku bakal coba dirumah ya sama kedua anak aku.

    ReplyDelete
  22. Mba anak yg palong kecil usia brp? Babyku jg blm ngerti aku ajak maij yg mikir mikir gtu jd butuh referensi hehe.

    ReplyDelete
  23. Wah kreatif neh permainan anaknya mba. Setidaknya bermain bersama kaka dan adik lebih bermanfaat ya.

    ReplyDelete
  24. Sabar banget Babang Iyas, mau main sambil berbagi gitu ma Adek. Good job, ya Bang.
    Duuh Mbak, rajin bener bebuat gini, saya dari jaman kapan gitu pengen juga buat mainan sendiri dan main ma anak2 tp cita2 doaang, fiyuuuhh.. Harus lebih dibulatkan lagi nih tekadnya.

    ReplyDelete
  25. Lucuukk... Mau coba ah, kebetulan msh ada karduus.. hehe. Mkasih mbaakkk..

    ReplyDelete
  26. Mama nya kreatif banget sih bikin mainan DIY gini, selain lebih murah mainan ini juga banyak majfaamanfya buat si kecil.

    ReplyDelete
  27. hihihi simpel tapi seru ya moms... ini nih mama penuh ide keliatan dari aktifitas nya penuh dengan makna hehehe

    ReplyDelete
  28. Si Adek pegang crayonnya dah bagus ya. Anakku masih blm bener, Mba. Ini lebih melatih anak utk mewarnai ya permaianannya.

    ReplyDelete
  29. Wiiih serunyaaa.. lucu lihat yang kecil yaaa..harus diawasi karena masih suka makan krayon wkwk

    ReplyDelete
  30. Lucuuuuu, kalau dulu saya ngeprint2 aja hehe #emakgakkreatif
    Trus kelincinya dan bbrp hewan lain ditempel di dinding gtu supaya bisa dikasi makan :D

    ReplyDelete
  31. Ini permainan sederhana kak, tapi mengajarkan banyak hal.
    Saya jadi mikir ini buat konsep ginian, ke anak-anak nanti hahahah

    ReplyDelete
  32. kalau bisa buat permainan sendiri memang seruuu ya mba...anak-anak dan orang tua pun menjadi kreatif!

    ReplyDelete
  33. Idenya kreatif sekali, pasti Babang Iyas dan adik Iyan suka ya punya umi yang kreatif. Ntar dipraktekin ah di rumah mau bikin juga hihi

    ReplyDelete
  34. Aiiih lucu banget. Bakalan seneng si Salfa karena dia doyan banget sama wortel plus memang mau pelihara kelinci.

    ReplyDelete
  35. Ummi kreatif. deh! Anak-anak pasti bisa banyak belajar sambil bermain ya...
    Abang dan adek pun bisa lebih kompak

    ReplyDelete
  36. Umi kreatif banget..ponakan ku juga senang banget kalo mama nya buat DIY kayak gini.

    ReplyDelete
  37. Dulu pas anakku masih kecil suka berkreasi kek gini juga. Sekarang dia udah gede, udah mulai beralih ke aktivitas lainnya. Kadang suka kangen bikin kreativitas lagi bareng anakku, hehe

    ReplyDelete
  38. Keren Umi...kreatif bikin permainan yg edukatif.. Jempoool...

    ReplyDelete
  39. Yg kecil lucuuuu banget anaknya. Mana rambutnya coklat...

    ReplyDelete
  40. Anakku kalau main kayak gini hanya betah 5 menit, Mbak. Mungkin karena dia lebih suka permainan yang banyak gerakan kali ya. Makannya kurang suka kalau main seperti ini.

    ReplyDelete
  41. Waaah, seruuu. Ijin nyontek idenya ya Ummi, anakku bakalan seneng banget deh, soalnya sempet punya piaraan kelinci dua ekor tapi terus mati T_T

    ReplyDelete
  42. wahhh permainannya sederhana banget, Mba. Tapi banyak manfaat yang bisa didapatkan dari permainan sederhana ini. Mau coba juga ahhhh di rumah, kebetulan bahan-bahannya gampang didapat :)

    ReplyDelete
  43. Wkwkk....lucu bangeett...
    Adek di shoot ga paham yaak...
    Jadi mama ga bisa pencitraan.

    Hehe...

    Serius ini bikin anak-anak bahagiaaa~
    Mau juga bikin...

    ReplyDelete
  44. Aiiih...bahagianya bisa senang dan bergembira dengan anak ya. Dengan media yang simple anak bisa belajar plus bersuka ria.

    ReplyDelete
  45. Wah asyik juga nih buat main2 di rumah sama Manda. Manda usianya hampir 3 tahun soalnya. Udah bisa lah ya dikenalin lewat permainan begini?

    ReplyDelete
  46. Lucu ya, kreatif mbak. Suka bikin DIY an permanain anak kayak gini

    ReplyDelete