Wednesday, June 6, 2018

Cemilan Rumahan Nugget Telor Dino So Good

Lebaran sudah sebentar lagi ya, gimana nih puasanya masih pada semangat kan? Jangan kayak Umi yah, yang nulis diblog ini masih banyak bolongnya hehehe. Yang suka blog pribadi Umi pasti sudah tau ya kalau sekarang Umi, Babang Iyas dan Adek Iyan lagi mudik ke Tangerang. Tanpa Abi mudiknya karena Abi masih harus kerja, dan baru libur dua hari sebelum lebaran. Mepet pisan euy.


Umi senang bisa berpuasa bersama orang tua dan kakak-kakak Umi, ya walaupun kakak-kakak Umi rumahnya sudah pisah tapi setiap hari pasti datang kerumah jadi selalu ramai rumah eyang kung. Sejak mudik ke Tangerang ini anak-anak nafsu makannya jadi naik, segala aja deh dimakan. Uminya juga sih tiap sahur dan buka puasa, sukanya ngemil. Kalau anak-anak makan banyak enggak kelihatan nambah berat badannya, lah kalau Umi udah sesak aja nih make celana jeans.


Nafsu makan anak-anak naik eh didukung juga sama eyangnya setiap hari dibeliin jajanan, mungkin karena cucu jauh jadi senang jajanin mumpung lagi kerumah. Enggak cuma ortu Umi yang suka beliin jajanan untuk anak-anak, Kakak-Kakak Umi juga sama. Umi pun harus bertindak karena Umi termasuk emak yang pelit jajan.

Ganti Jajanan dengan Cemilan Sehat

Akhirnya yang tadinya mau libur masak selama mudik, tetep deh terjun ke dapur Umi masak. Tapi lebih seringnya sih bikin cemilan untuk anak-anak. Kan kalau sudah ada cemilan dirumah, jadi ada alasan anak-anak untuk menolak tawaran jajan dari eyang, pakde dan bude mereka. Cemilan yang Umi bikin juga bukan cemilan yang rumit sih, yang mudah-mudah saja membuatnya yang penting anak-anak suka. Daripada harus jajan diluar belum tentu makanannya sehat, kalau bikin sendiri kan lebih sehat dompet.

Cemilan seperti apa sih yang paling sering Umi bikini buat anak-anak? Umi sih sukanya bikin cemilan rumahan yang biasanya manfaatin yang ada dikulkas saja untuk bahan-bahannya. Dan Umi juga biasanya bikin cemilan yang mengandung karbohidrat dan protein, maksdunya sih buat booster berat badannya si Adek yang mungil banget.

Cemilan Rumahan dengan So Good Siap Masak


Seperti kemarin Umi bikinin anak cemilan rumahan yang mengandung protein, sekalian jadi takjil buka puasa sih. Umi kemarin bikin Nugget Telor Dino So Good. Nah loh makanan apa itu? Bingung ya dengar nama makanannya? Iya dah Umi mah iseng aja kasih namannya gitu. Cara bikinnya sama kayak bikin cilor, hanya bedanya tidak memakai aci melainkan nugget ayam dino dari So Good.


Untung Umi selalu sedia nugget ayam dari So good. Nugget ayam So Good kesukaan anak-anak dan Umi juga tentunya, rasanya enak berasa ayamnya dan bikinnya juga praktis. Nugget ayam So Good bisa dibikin jadi apa saja, enggak hanya dijadikan lauk makan tetapi bisa juga dijadikan cemilan. Tentunya menjadi cemilan yang bergizi dan mengenyangkan.

Untuk nugget ayam dinobites ini termasuk varian dari produk So Good siap masak. Ada banyak varian lainnya seperti nugget ayam stick, karage, bakso kuah, sosis dan lain-lain. Namun nugget ayam yang dinobites ini favoritnya Babang Iyas, mungkin karena bentuknya dino yang lucu bikin Babang jadi suka dan nafsu makan memakannya.

Nah yang penasaran dengan resep dan cara  membuat dari nugget telor dino So Good ini, Umi akan tulisin deh resepnya. Siapa tau bisa menjadi referensi menu takjil sore.



Resep Nugget Telor Dino


Bahan

10 buah Nugget Ayam Dino, tusuk dengan tusuk gigi
1 buah Telur ayam, kocok lepas
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Bahan saus kacang
4 sdm Kacang tanah goreng
Gula merah secukupnya
Garam secukunya
Cabe merah dan rawit sesuai selera (saya skip)
Air secukupnya

Cara Membuat

Celupkan nugget dalam kocokan telur yang sudah diberi garam dan lada bubuk, kemudian goreng dalam minyak panas. Lakukan hingga habis. Sisihkan.

Cara Membuat Saus Kacang

Haluskan kacang tanah goreng dan gula merah, beri air secukupnya dan garam. Uleg hingga halus. Sajikan sebagai cocolan nugget telor dinonya.


Mudah sekali kan membuat cemilan ala rumahan, jadi enggak perlu lagi jajan-jajan yang enggak sehat bikin kayak gini aja anak-anak juga udah suka. Untuk resepnya Umi tulis serba secukupnya karena disesuaikan saja sama selera. Suka pedas tambahkan cabenya, suka asin tambahin garam, suka manis tambahin gulanya, pokoknya serba suka-suka yang penting yang masak dan yang makan happy.


Selamat mencoba Mom dan selamat berpuasa.



Keluarga Nugros

14 comments:

  1. Bener banget mba, daripada anak kita suka jajanan di luar atau yang ditawarkan oleh orang lain yang belum tentu sehat, mending bikin sendiri ya

    ReplyDelete
  2. uwaaaa yakin ini naufal pasti doyan banget makannya...

    ReplyDelete
  3. Wahh simple dan mudah banget buatnya yaa. Lucu juga buat anak2 karena nugget dinonya jadi berselimut telur, ga polos2 banget. Thanks idenya Mba

    ReplyDelete
  4. jajanan yang simple untuk dibuat dirumah.. :)
    apalagi anak2 suka..

    ReplyDelete
  5. Sy juga klo sahur kadang pake so good siap saji...praktis soalnya

    ReplyDelete
  6. Yummy ya. Anak2 sehat dan suka,ibu sudah bahagia banget ya mbak. Betul banget kalau lebih baik buat makanan di rumah agar anak2 nggak jajan di luar, aalagi jajanan sekarang rata2 menggunakan bahan berbahaya, ya meskipun tidak semua pedagang nakal sih

    ReplyDelete
  7. Iiish gampang buatnya. Nantu saya coba di rumah. Dan semua bahannya jg mudah dicari.

    ReplyDelete
  8. Aku mau bawa ini ah pas ke kampung. Karena jujur kadang kalo lagi di kampung anak aku susah banget makan karena kebanyakan main. Tapi ini bisa banget jadi pemyelamat ya.

    ReplyDelete
  9. Waaah terima kasih resep nya. Saya akan coba. Selain enak. Nugget so good ini juga betgizi. Dari pada jajan sembarangan memang lebih baik membuat cemilan sehat dirumah. Karena kita tau benar bahan bahan. Cuci tangan sebelum mengolah makanan. Dan anak anak pun suka. Semoga anak anak lahap makan nya.

    ReplyDelete
  10. Nugget dino ini juga favorit anak-anakku mbak, cuma anak2 biasanya makan pakai saus tomat aja hehe :D
    ANak2 mungkin seuka krn bentuknya lucu ya jd semangta makannya :D

    ReplyDelete
  11. Nah ini juga ada bahannya di kulkas. Duuuhhh bikin ah.

    ReplyDelete
  12. Waaaah gampang ya. Saos kacangnya klo diganti sama bumbu pecel lebih praktis jugaa sepertinya :D

    ReplyDelete
  13. Makanan rumahan jauh lebih sehat karena kita paham sendiri cara membuat dan bahan yang digunakan. Thanks for sharing menu sehat. Praktis dan begizi ini aka saya coba dirumah bersama Fayz

    ReplyDelete
  14. Karakternya lucu lucu ini. Pasti disukai anak-anak. Kemarin aku belinya yang stick, kebetulan yang karakter gini lagi kosong. Kapan-kapan maulah nyobain resepnya. Secara Rayhan udah bisa makan yang beginian. Hihhi

    ReplyDelete