Wednesday, November 1, 2017

BLW Pertama Adek Iyan

Welcome November Rain. Enggak terasa sudah memasukin akhir tahun, 2 bulan lagi sudah berganti tahun. Bulan lalu absen posting di blog ini, Uminya lagi kewalahan mengatur waktu jadi cuma sempet update blog catatanria aja deh. Tapi dengan penuh semangat bulan ini harus lebih banyak posting lagi.

Menu Perdan BLW Adek Iyan


Akhir september yang lalu, Adek Iyan genap berusia 6 bulan dan artinya si Adek sudah mulai MPASI. Pada awal MPASI Umi mencoba dua metode, blw dan spoon feeding cuma mau lihat si Adek Iyan lebih nyaman metode apa. Jadi keputusan untuk memakai metode apa, harus diputuskan kedua pihak biar sama-sama nyaman. Dan tenyata si Adek lebih menyukai metode BLW, kalau spoon feeding ampun deh GTM berat sama sekali enggak mau buka mulut, masih lebih banyak dia makan sendiri. Jadi deal deh Umi pakai metode BLW.

Drama Awal MPASI
Awalnya ekspetasi Umi tuh di BLW perdana, Adek Iyan bakalan lahap makan makanannya seperti Babangnya dulu. Saat BLW perdana, Umi kasih Adek Iyan brokolli kukus. Dimakan? Enggak cuma diisep aja, dan durasinya enggak ada 5 menit sudah nangis minta keluar high chair. Ternyata kenyataan tidak sesuai harapan hiks aslina Umi jadi galau pisan ngasih makan si Adek. 



Umi pun konsultasikan ke teman yang sudah pengalaman memakai metode BLW, baca-baca di grup. Dan ternyata memang itu alamiah. Saat anak  memulai BLW, dia biasanya tidak akan langsung memakannya. Melalui beberapa proses hingga makanan dimasukkan ke mulut dan dimakan. Pertama anak akan mengeksplore terlebih dahulu makanan yang diberikan, biasanya anak akan memegang, membanting dan membuang. Lalu anak akan mulai memegang makanan dan mengarahkannya ke mulut, pas sampai dimulut enggak akan langsung dikunyah terus ditelen biasanya dia cuma isep-isep atau digigit dan dilepeh. Hingga akhirnya dia mulai mengerti dan mau mengunyah dan menelan.

Lama kah prosesnya?
Untuk proses anak bisa sampai mengunyah dan menelan, itu setiap anak berbeda-beda karena setiap anak unik. Ada yang mulai BLW langsing bisa mengunyah, ada yang butuh beberapa hari bahkan mingguan atau sebulan. Adek Iyan sendiri baru mulai bisa mengunyah dan menelan sekitar 2 minggu itupun masih tergantung mood makan dia. Jadi jika ingin memulai BLW jangan memasang harapan tinggi seperti Umi ya, karena ketika tidak sesuai harapan rasanya tuh bikin hayang nangis dibalik pintu sorangan.

Tersedak kah Adek Iyan?
Alhamdulillah dari awal BLW Adek jarang sekali tersedak. Pernah beberapa kali tersedak tapi enggak sampai parah batuk atau gitu, cuma seperti mau huek gitu dan lanjut makan lagi. Posisi bayi yang akan BLW harus duduk tegak, sehingga meminimalkan resiko tersedak. Adek diawal MPASI duduknya masih goyang kanan kiri, sama Umi diganjel saja sama bantal biar kokoh.

Masih bertahankah dengan BLW?
Yups, usia Adek Iyan sekarang sudah 7 bulan dan masih memakai metode BLW. Diusianya yang sudah 7 bulan, baru terlihat perkembangannya sekarang sesi makan si Adek lebih lama. Dia sudah mulai menikmati makanan yang Umi kasih. Adek sudah hafal kalau dia didudukkan di high chair, dia langsung melahap makanan yang Umi kasih, sudah enggak dimainin lagi atau diisep-isep lagi. Namun dia masih pemilih sekali dengan sayuran dan buah, buah hampir sama sekali enggak dimakan kalau sayuran masih ada lah yang mau dimakan. Pe Er yaa buat Uminya.

****

Jika mommies mau memulai BLW yang harus disiapkan banget itu ya "SABAR" karena nanti kita akan melihat anak membuang makanan, melempar makanan, menjadikan makanan sebagai lulur dan banyak hal lainnya yang bikin mau nangis deh lihatnya. Jadi harus sabar banget di awal BLW. Mudah-mudahan Adek semakin pintar dan semakin banyak makannya.

Untuk melihat menu BLW dan Video BLW Adek Iyan bisa dilihat di IG @rianugros dengan hashtag #mpasiiyan




Keluarga Nugros
IG & Twitter : @rianugros

No comments:

Post a Comment