Friday, July 7, 2017

Perkembangan Setiap Anak Berbeda, karena Mereka Unik

Hai, kali ini Umi mau membahas perkembangan si Adek Iyan yang sekarang sudah berusia 3 bulan lebih. Si Adek ini perkembangannya berbeda dengan si Babang Iyas, paling yang sama hanya kebiasaan suka digendongnya dan perkembangan berat badan setiap bulannya juga sama dengan Babang.



Adek Iyan ini kalau tidur sukanya tengkurep, aslinya Umi mah takut dan ragu menengkurepin Iyan kalau tidur. Tapi setelah diskusi dengan beberapa Ibu-Ibu, tidur tengkurep itu malah bagus loh untuk si Bayi. Ada salah seorang teman saya disarankan sama dokter agar anaknya mulai usia 1 bulan tidurnya ditengkurepkan, katanya bagus untuk jantungnya. Oh oke Umi bisa lega sedikit, tentunya Iyan tidur tengkurep selalu dalam pengawasan Umi. Umi enggak pernah meninggalkan lama Adek Iyan dalam posisi tidur tengkurep, biasanya beberapa menit sekali ditengok.


Awalnya sih waktu masih usia 1 bulan, kalau malam Adek Iyan suka kebangun nangis padahal sudah disusuin tapi masih nangis. Karena Uminya sudah ngantuk berat dan malas menggendong akhirnya sama Umi ditengkurepin diatas dada Umi. Eh Adek Iyan berhenti nangis dan tidur pules, nah sejak saat itu kalau lagi tidur nangis dan dikasih susu sudah enggak mau ya Umi tengkurepin aja biar bobo pules.

Memasuki usia 2 bulan Adek Iyan sudah bisa mengangkat kepalanya, kekwatiran Umi berkurang sedikit. Jadi kalau sedang tidur tengkurep, Adek Iyan sudah bisa bolak-balikin kepalanya ke kanan dan kiri sendiri, kalau nyungsep juga dia benerin sendiri posisi kepalanya. Tapi tetep donk pengawasan extra karena masih takut Uminya. Maklum pengalaman pertama, dulu Babangnya mah tidurnya normal terlentang saja, tidur tengkurep pas dia sudah bisa tengkurep sendiri.

Sampai saat ini diusianya Adek Iyan yang sudah 3 bulan, dia belum bisa tengkurep sendiri tapi sudah tegak banget mengangkat kepalanya keatas. Sudah miring-miring sih tapi cuma sekedar miring saja. Yang bikin Umi takjub itu Adek Iyan kalau sedang tengkurep sudah bisa menggeser badannya ke depan. Pernah beberapa kali pas malam, dia tidur tengkurep eh Uminya ketiduran dan tiba-tiba dengar suara Adek Iyan nangis eh kepala si Iyan sudah nyungsep di sisi kasur. Lagi-lagi berbeda dengan Babangnya, dulu babangnya kalau tengkurep baru mau menggeser badannya diusia sekirar 6 bulan, itupun menggesernya ke belakang bukan kedepan.

Setelah memiliki dua anak, Umi jadi semakin percaya perkembangan setiap anak itu berbeda-beda. Untuk Ibu-Ibu yang suka baper anaknya dibilang belum bisa ini itu seperti yang lain, jangan diambil pusing ya percaya deh setiap anak unik berbeda dengan yang lain bahkan yang satu darah pun bisa berbeda perkembangan, sifat dan kebiasaan. Intinya harus sabar,




IG : @rianugros
KeluargaNugros

8 comments:

  1. Anak saya setelah bisa tengkurap tidurnya juga tengkurap melulu, mbak. Sudah dibenerin tetap aja balik tengkurap lagi

    ReplyDelete
  2. Semangat ya bun jangan pikirin apa kata orang karena perkembangan setiap anak berbeda-beda,,Semoga anak-anak sehat selalu.

    ReplyDelete
  3. Inspiratif! Saya juga pikirannya sama mbak, perkembangan anak emang berbeda satu sama lain. Selama anaknya masih sehat dan enggak ada keluhan kesehatan apapun, dokter pun enggak masalah, ya sudah..nikmati aja prosesnya. Hehe

    ReplyDelete
  4. tidur tengkurep juga bagus buat perkembangan otak baby katanya, comel nian babynya pas lagi tengkurep, hehe

    ReplyDelete
  5. Saya dulu malahan pengen tengkurepin anak kalo lagi tidur, soalnya kata dokter biar pertumbuhan otaknya sempurna. tapi dipikir-pikir, kalo saya paksain nanti malah kenapa-kenapa, mendingan seadanya aja. Eh, anaknya malah doyan tidur menyamping, hihi. Ya sudahlaaah, yang penting sehat

    ReplyDelete
  6. Setuju mbaaaa.... tiap anak memang beda perkembangannya, jadi ga perlu baper ya kalau dibanding2kan :)

    ReplyDelete
  7. Iya setiap anak gak bisa disamakan.
    Apalagi anak laki-laki dan perempuan, perkembangan perasaan juga perlu diperhatikan kalau sudah dewasa nanti

    ReplyDelete
  8. Thanks ia Infonya, sangat bermanfaat udah mau berbagi ....

    ReplyDelete