Saturday, July 22, 2017

Capcay Ayam So Good ala Abicuy

Punya suami yang pinter masak, siapa sih yang enggak mau? Umi beruntung bisa memiliki Abi yang pintar memasak. Abi pernah cerita kalau dulu semasa dia muda, dia pernah menjadi asisten chef di café tenda dan juga pernah berjualan kuliner pinggir jalan. Jam terbang memasaknya lebih expert disbanding Umi, ah dah Umi mah apa atuh baru belajar masak pas sudah menikah aja.

Si Abi ini memiliki keunikan tersendiri dari cara memasaknya, kalau Umi mah bilangnya masak ala koboi. Kalau memasak jarang persiapan dulu langsung aja nyalain api, persiapannya dikerjakan saat memasak berlangsung. Wah kalau Umi mah enggak bisa seperti itu, untuk mengiris bawang aja Umi mah lama. Walaupun masaknya terlihat asal ala koboi tapi aslinya enggak pernah gagal rasa euy , masakan Abi selalu lebih enak daripada masakan Umi. Padahal kita sama-sama enggak memakai penyedap rasa kalau masak, memang beda tangan selalu beda rasa ya.

Masakan yang paling sering dimasak adalah nasi goreng dan capcay. SI Abi ini spesialis banget untuk masakan capcay, rasanya enak enggak kalah sama di café-café. Waktu lagi selametan Adek Iyan, capcaynya si Abi juga yang masak. Padahal waktu itu Umi enggak suruh, eh dia sendiri yang menawarkan masak capcay buat acara selametan. Yo wis bagus deh mengurangi kerjaan Umi.


Weekend kemarin Umi lagi malas sekali untuk memasak, eh Abi menawarkan diri mau masak capcay. Katanya sih lagi pengen makan capcay ayam. Dengan senang hati donk Umi menerima tawaran Abi, kebetulan semua bahan capcay ayamnya juga sudah tersedia di kulkas jadi Umi enggak perlu belanja lagi. Untuk ayamnya Umi pakai SO GOOD Ayam Potong, masih ada sisa waktu bikin Gepuk Ayam.


Abi hanya menggunakan satu potong ayam saja, tapi yang bagian dadanya. Sejak Umi nyetock SO GOOD Ayam Potong memasak jadi praktis, seperti sekarang si Abi tinggal ambil sepotong dada ayam dari freezer lalu masukkan dalam plastic kecil rendam dalam air hingga ayam tidak membeku lagi. Mudah mengambil ayamnya karena Ayam Potong So Good walaupun disimpan dalam freezer tidak menempel satu sama lain jadi mudah untuk mengambil satu per satu. Selain itu potongannya besar, apalagi pas potongan dadanya montok cukup untuk membuat seporsi wajan besar capcay.

Penasaran dengan resep capcay ayam ala Abi ini? Umi share deh resepnya, mudah banget koq karena si Abi mah kalau masak enggak suka yang ribet-ribet.

 

Resep Capcay Ayam So Good

Bahan
2 buan Wortel, potong serong
3 lembar Kol, potong
5  buah Sawi hijau, potong
1 butir Telur Ayam
1 potong Dada Ayam So Good, potong kecil-kecil
3 irisan Bawang Bombay
2 siung Bawang putih, cincang
Daun bawang secukupnya, iris halus
Kecap Asin
Saus Tiram
Minyak Wijen
Kecap Manis
Garam
Lada Bubuk
Air secukupnya
1 sdm Tepung Maizena, larutkan dengan air

Cara Membuat
1.    Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian masukkan telur lalu orak-arik. Masukkan bawang Bombay tumis hingga sedikit layu, masukkan bawang putih dan daun bawang tumis kembali hingga harum.
2.    Masukkan potongan dada ayam so good, tumis hingga berubah warna. Masukkan wortel, kemudian beri air secukupnya.
3.    Jika air sudah mendidih masukkan kol dan sawi hijau. Kemudian beri kecap asin, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, dan lada bubuk. Koreksi rasa.
4.    Jika rasa sudah oke, masukkan larutan maizena. Aduk hingga kuah mengental. Jika sayuran sudah matang, angkat dan sajikan.

Untuk takaran bumbu seperti kecap asin, kecap manis, saus tiram, minyak wijen, garam dan lada bubuk enggak dituliskan takarannya karena pemakaiannya sesuai selera saja. Dalam memasak sayurannya tidak perlu sampai matang sekali, nanti enggak segar rasanya saat dimakan. Jika tidak suka kuah capcay yang kental boleh diskip untuk pemakaian larutan maizenanya. Memasak mah sesuai selera saja, selera kita kan yang tau hanya kita sendiri bukan resep. Resep mah hanya menjadi acuan saja.

Oh iya sebenarnya si Abi ini enggak suka sayuran, tapi hobi bikin capcay malah kalau masak capcay sendiri eh dia sendiri yang ngambil porsinya besar. Babang Iyas juga suka sama capcay ayam bikinan Abi, ah dia mah asal dibilang masakan Abi apa saja juga dilahap. Seandainya setiap hari Abi yang masak, bisa jadi kapal pecah deh dapur hahaha ya namanya juga cowok masaknya sih demen eh bagian nyucinya mah Umi yang nyuci.



Keluarga Nugros
IG & Twitter : @rianugros

No comments:

Post a Comment